Wednesday, September 9, 2015

Hari Puisi Indonesia: Silaturahmi Para Penyair





Hari Puisi Indonesia (HPI) adalah acara untuk memperingati Hari Puisi, serta untuk silaturahmi penyair yang ada di Sumatera Barat, Riau, dan Kepri. Acara tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu (5/9). Yang berlokasi di Gedung Teater Utama, Taman Budaya, Padang.

Tepat pada pukul 20.50 WIB acara tersebut dimulai. Kursi-kursi yang terdapat di dalam Gedung Teater Utama tersebut dipenuhi oleh para penonton yang antusias mengikuti acara ini. Banyak pembacaan puisi yang dibacakan oleh para penyair, baik dari Sumatera Barat selaku tuan rumah, maupun dari Riau dan Kepuluan Riau (Kepri), mulai dari penyair Gus TF (Sumatera Barat), Rusli Marzuki Saria (Sumatera Barat),  hingga Tarmizi (Riau). Tidak hanya pembacaan puisi, acara pun diisi oleh penampilan musikalisasi puisi dan orasi budaya yang dibawakan oleh Yusmar Yusuf. Saat acara berlangsung, banyak peserta yang sangat antusias mengikuti acara dari awal.

Menurut salah seorang panitia, Dini Alvionita (20), acara ini selain untuk memperingati hari puisi, juga untuk menjalin silaturahmi diantara para penyair, khususnya penyair Sumbar, Riau, dan Kepri. Disamping itu, dalam acara ini juga diadakan launching buku yang berjudul "Susi" karya Gus tf serta launching program acara apresiasi puisi dan launching halaman budaya Padang Ekspres “Cagak”. Peserta yang turut berpatisipasi dalam acara ini dimulai dari para kru Padang Ekspres, kru Padang TV, komunitas seni, mahasiswa, maupun umum.
Saat ini, sedang marak-maraknya masyarakat berkegiatan sastra, atau bisa dibilang saat ini sastra disambut dengan baik oleh masyarakat. Banyak penulis-penulis baru yang ingin belajar dan meniti jejak penyair-penyair sebelumnya.

“Puisi-puisi karya orang Sumbar tergolong diakui dan berkualitas di Indonesia,” tambah Dini. 

Bagi panitia, acara ini diselenggarakan guna meningkatkan silaturahmi di antara para penyair, serta kegiatan kesenian dan kebudayaan terus berlanjut. Acara malam itu akan dilanjutkan pada hari berikutnya dalam format workshop penulisan puisi, pada Minggu (6/9) di Galeri Seni Rupa, Taman Budaya, Padang, Sumatera Barat.




*Dilaporkan oleh: Siti Maulida

By HMJ Sasindo Unand with No comments

0 komentar:

Post a Comment