Monday, December 1, 2014

Lawatan Kerja

Sesiung Catatan - Rakernas IMABSII IV Di Universitas Negeri Medan (UNIMED)
*M. Rizky Ramadhan - Infokom HMJ Sasindo Unand

IMABSII yang dikenal sebagai lembaga yang menjadi pemersatu Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia se Indonesia, mengadakan Seminar, Pelantikan dan Rakernas ke IV di Unimed (Medan) pada tanggal 18-22 November 2014. Saya ditunjuk sebagai delegasi dari HMJ Sasindo Unand, untuk mengikuti agenda tersebut.
Saat pertama sampai di Medan (setelah melalui jalur udara dalam waktu singkat) Sampainya yang saya lakukan adalah menghubungi Rina,  sebagai panitia, dan dia kemudian mengintruksikan saya untuk menyusul ke Asrama Haji Medan, karena saya dan peserta lainnya harus menginap di sana. Saya pikir, saya akan di asrama Unimed, ternyata tidak. Dan hal pertama pula yang saya lakukan di asrama tersebut adalah menari kawan-kawan dari kampus-kampus yang lain untuk dapat berdiskusi tentang program-program HMJ dan peran IMABSII selama ini.
Saya bertemu dengan kawan dari UMSU dan UNSRI. Ketika itu saya masih mencari informasi berapa delegasi yang hadir. Ternyata kawan-kawan pun tidak mengetahui berapa pastinya, karena ada yang masih dalam perjalanan. Waktu itu saya tiba-tiba sadar akan satu hal, yakni, saya tidak tahu banyak mengenai hasil kongres IMABSII sebelumnya di Semarang pada bulan Mei 2014. Siapa Sekjendnya dan siapa saja yang menjadi pengurus pusatnya.

Foto sebelum Rakernas IV di Aula Asrama Haji Medan, Delegasi HMJ Sasindo Unand berada pada posisi kanan.

Setelah saya mencari tau, dan mulailah saya menggambar bagaimana proses pertamanya, yaitu pada program Seminar di UNIMED. Sampai saat ini saya sangat kecewa, bagaimana tidak? dalam lampiran TOR yang di kirim oleh Panitia penyelenggara kepada HMJ UNAND menyatakan bahwa pemateri seminar adalah seorang Novelis Muda yang terkenal di Indonesia. Tertulis di TOR yaitu  nama Andrea Hirata. Namun setelah beberapa lama saya menunggu, ternyata Andrea hirata tidak ada. Ini sangat mengecewakan. Acara yang berlabel NASIONAL. Dengan mengundang HMJ-HIMA dan sebagainya untuk bergabung ternyata membuahkan kecewa dengan pemateri yang tidak sesuai dalam TOR.
Sesudah itu, mengenai agenda yang seharusnya ada pelantikan pada hari pertama ternyata tidak berjalan baik. Karena Ibu Yeyen yang akan melantik berkendala dan tidak dapat hadir pada hari tersebut, sehingga di ganti pada hari Jumat. Sesudah Seminar kami peserta dan pengurus pusat berorasi sepanjang tepian jalan Unimed, dengan tema kebahasaan dan peran bahasa Indonesia saat era globalisasi. Selanjutnya sesudah itu kami seluruhnya kembali ke Asrama Haji Unimed untuk beristirahat.
Pada hari ke 2, yaitu pada agenda Rakernas IV untuk periode 2014-2016 saya mengikuti Rakernas yang di mulai pada pukul 09 : 11 WIB, acara ini awalnya berlangsung baik, namun sedikit hal, banyak dari bagian peserta atau pengurus mengkritik yang pada dasarnya tidak harus memakan waktu lama. Sehingga Rakernas IV ini awalnya seperti berolok-olok.
Sampai pada pengesahan tata tertib pada Rakernas IV, saya diajukan dan bersedia menjadi Presedium II tetap, menggantikan Presedium II sementara yang sebelumnya memimpin persidangan. Sesampainya pada hari ke 3 dalam agenda saya dan kawan-kawan dari UMSU dan STKIP PGRI SUMBAR, masih menjadi Presedium saat itu untuk Rakernas IV.
Pada pengesahan agenda kerja yang pada saat itu saya Presedium II menjadi pimpinan sidang, dikarenakan proses pembelajaran maka saya mengalami sedikit kesulitan untuk pengakiran pengesahan. Hal tersebut sangat menjengkelkan, namun buah baiknya adalah pengalaman. Seperti apa yang diajarkan oleh sahabat Febriandanu dan kawan-kawan lainnya. Sehingga acara pengesahan dan Rakernas IV berjalan hangat dan juga penuh Interupsi dari peserta sidang.
Saat Menjadi Presedium II di Persidangan Rakernas IV

Beberapa program kerja hasil Rakernas IV belum bisa saya tampilkan, namun saya akan menampilkan setelah dikirim datanya oleh sahabat saya di PGRI SUMBAR. Dikarenakan tugas kuliah yang banyak dan harus saya kerjakan juga, saya lebih cepat pulang dari peserta dan pengurus IMABSII. Acara formalnya sudah selesai, hanya saja… saya tidak dapat mengikuti acara wisatanya. Ah…

(Padang, November 2014)


By HMJ Sasindo Unand with No comments

0 komentar:

Post a Comment