Tuesday, January 26, 2016

HMJ Sastra Indonesia Gelar Acara Bedah Buku


 

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sastra Indonesia meyelenggarakan bedah buku kumpulan cerpen (Lelaki Penjual Cermin) karya Muhamad Ikhsan, lulusan Sastra Indonesia tahun 2003. Cerpen Lelaki Penjual Cermin terdiri dari 12 cerpen tunggal Muhammad Ikhsan yang diterbitkan oleh Penerbit Interclude Yogyakarta.
            Acara bedah buku ini di gelar di Ruang Seminar Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas berlangsung pada Senin, 25 Januari 2016 dari pukul 11.00-12.30 dengan pembicara Dr. Syafril, M.SI  dan Romi Zarman. Dr. Syafril, M. Si memberi catatan pada penyelesaian cerita di beberapa cerpen yang terkesan terlalu cepat, “Di beberapa cerita penyelesaiannya terlalu terburu-buru, terlalu cepat mengakhiri jalan cerita.”
            Sementara Romi Zarman, memandang Kumpulan Cerpen Lelaki Penjual Cermin sarat dengan lokal konten, seperti penggunaan nama tokoh di tujuh cerpen, “Dari 12 cerpen terdapat tujuh cerpen yang nama tokohnya merupakan nama-nama berbahasa Minangkabau yang terkesan spele namun sarat dengan makna, seperti kalepet, garundang dan lain-lain.” Ungkap Romi.
            Sangat disayangkan acara bedah buku ini hanya dihadiri oleh beberapa peserta saja dan terkandala oleh matinya listrik di Unand. Menurut Annisa Irfayuli selaku ketua HMJ Sastra Indonesia publikasi yang dilakukan kurang menjurus ke banyak kalangan, “Publikasi kurang gencar barangkali dan kemungkinan juga karena jarak publikasi dengan hari acara terlalu cepat (seminggu)” Ungkap Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia 2013 ini.
           
            Meski masih terdapat kekurangan namun acara bedah buku disambut baik oleh alumni Sastra Indonesia, terkhusus Muhamad Ikhsan merasa karyanya diberi ruang. “HMJ Sastra Indonesia membangun ruang-ruang dalam kepenulisan dan semoga nantinya (baca: HMJ Sasindo) menjadi peradaban literasi yang maju.” Ungkap Ikhsan. (Divisi Infokom HMJ Sasindo)
           
           

By HMJ Sasindo Unand with No comments

0 komentar:

Post a Comment